Rahasia Pengendalian Diri


Ketagihan bisa ditimbulkan dari kebiasaan. Ketagihan dapat hilang secara spontan kalau ada perubahan radikal dalam lingkungan yang bersangkutan. Untuk mengatasi tersebut, maka kita bisa melakukan dengan cara orang-orang “didisiplinkan” karena akan lebih baik dalam menata hidup sedemikian sehingga tidak memerlukan kemauan dan kendali diri yang heroik. Dengan kata lain, orang yang memiliki kendali diri cenderung menghabiskan lebih sedikit waktu dalam situasi-situasi yang menggoda.

Ketekunan, tekad, dan kemauan sangatlah penting untuk kesuksesan, tapi cara meningkatkan kualitas – kualitas ini bukanlah dengan menuntut agar menjadi orang yang lebih disipilin, melainkan dengan menciptakan lingkungan yang lebih disiplin, sehingga kunci untuk pengendalian diri adalah menata lingkungan. Begitu kebiasaan terprogram, dorongan utnuk melakukan kebiasaan muncul setiap kali lingkungan yang sesuai untuk petunjuknya muncul kembali.

Kebiasaan buruk bersifat autokatalis; proses yang mengumpan diri sendiri. Kebiasaan ini memperkuat perasaan-perasaan yang justru ingin dihilangkan. Keinginan yang dipicu oleh petunjuk atau cue-included wanting adalah pemicu eksternal yang mendatangkan dorongan kuat untuk mengulangi kebiasaan buruk. Begitu kita melihat sesuatu, maka kita mulai menginginkannya. Kesimpulannya, kita tidak bisa menghentikan kebiasaan tapi mustahil untuk melupakannya.

Maka untuk itu, menghilangkan sumber kebiasaan adalah yang paling baik. Ini merupakan cara paling praktis untuk menghilangkan kebiasaan buruk  dengan mengurangi kehadiran petujuk - petunjuk di lingkungan yang menyebabkan kebiasaan itu muncul. Ini merupakan cara jangka panjang untuk menghilangkan kebiasaan, karena kendali diri hanyalah strategi jangka pendek. Praktik ini adalah kebalikan dari Kaidah Pertama Perubahan Perilaku yaitu menjadikannya tak terlihat. Petunjuk – petunjuk untuk kebiasaan baik harus dijadikan terlihat, tapi petunjuk-petunjuk untuk kebiasaan buruk harus dijadikan tak terlihat.


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana Menjadikan Kebiasaan Baik Tak Terhindarkan Dan Kebiasaan Buruk Mustahil

Aturan Goldilocks; Bagaimana Tetap Termotivasi dalam Hidup dan Pekerjaan

Pengorbanan Dalam Menciptakan Kebiasaan Baik