Dahsyatnya Kekuatan Atomics Habits


Dalam hidup kita sering mengabaikan sesuatu yang kecil, meremehkannya, dan tidak menganggapnya. Namun, dibalik itu semua sesuatu yang kecil bisa mendatangkan dampak yang luar biasa dan dahsyat. Salah satunya adalah perbaikan kecil, perbaikan-perbaikan kecil jika berakumulasi bisa mendatangkan hasil yang menakjubkan dan dapat jauh bermakna terutama untuk jangka panjang. Sesuatu yang berawal dari satu kemenangan atau kemunduran kecil dapat berakumulasi menjadi jauh lebih besar.

Kebiasaan merupakan bunga majemuk dalam perbaikan diri. Kebiasaan bisa berpengaruh berlipat-lipat jika kita mengulang-ulang kebiasaan itu. Mungkin tidak akan terasa, tapi dampak yang dashyat bisa terjadi setelah berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Kebiasaan merupakan sesuatu yang kecil dan lambat, sehingga sangat berbahaya jika itu merupakan kebiasaan buruk, karena itu memudahkan kita untuk membiarkan kebiasaan buruk itu terjadi. Kebiasaan buruk yang kecil jika dilakukan terus menerus akan terakumulasi menjadi racun yang akhirnya menimbulkan masalah.

Kebiasaan yang kecil dan yang dianggap tidak bermakna bisa menjadikan kita menjadi orang yang berbeda dimasa kini dan masa sekarang. Sukses merupakan salah satu produk dari kebiasaan, sukses tidak terlahir dari tranformasi yang hanya sekali dari seumur hidup. Itu berarti, tak penting seberapa kita sukses atau gagal, tetapi yang penting adalah penempatan kita pada jalur menuju kesuksesan atau tidak. Hasil-hasil yang kita dapatkan sekarang ini menunjukan ukuran kebiasaan-kebiasaan kita.

Kebiasaan-kebiasaan dapat menjadi bunga majemuk yang baik atau buruk bagi kita. Bunga majemuk yang positif terdiri dari; pertama, bunga majemuk yang produktif contohnya menyelesaikan satu tugas tambahan pada suatu hari. Kedua, bunga majemuk pengetahuan contohnya komitemen untuk belajar seumur dapat mengubah kita. Ketiga, bunga majemuk hubungan contohnya sering menolong orang lain. Sedangan bunga majemuk negative terdiri dari; pertama, bunga majemuk yang membuat stress contohnya kecemasan akan keuangan. Kedua, bunga majemuk pikiran buruk contohnya memandang diri tidak berharga. Ketiga, bunga majemuk kebencian contohnya kekecewaan kecil setiap hari.

Ketika kita berusaha dalam mencapai tujuan yang diinginkan, pada babak awal atau tengah usaha kita akan memasuki lembah kekecewaan, dimana ketika kita melihat kemajuan atau perubahan kecil bisa menjadi frustasi karena mengangapnya tidak efektif. Itu merupakan salah satu kenapa kita sulit menciptakan kebiasaan yang baik. Padahal untuk mengharapkan perubahan kita akan melalui lembah tersebut, dan kita harus mempertahankan kebiasaan cukup lama agar mencapai darata n potensial laten, dimana ketika kita mencapai proses menganggap bahwa kesuksesan yang didapat merupakan sebuah dadakan. Namun dibalik itu semua banyak perjuangan untuk mencapainya.

Jika kita ingin mencapai hasil yang kita inginkan, maka jangan tertalu fokus dengan sasaran. Tetapi fokuslah dengan sistem. Karena ketika kita hanya memikirkan sasaran, sejumlah masalah akan timbul  dan tidak menyediakan waktu untuk memikirkan sistem agar dapat mencapai hasil yang diinginkan. Selain itu, ketika kita hanya fokus dengan sasaran tidak ada bedanya pemenang dan pecundang, meraih sararan hanya medatangkan perubahan sesaat, sasaran akan membatasi kebahagian kita, dan sasaran tidak besesuaian dengan jangka panjang.

Untuk mencapai suatu perubahan kita merasa sulit untuk membiasakan diri dengan kebiasaan yang diperlukan untuk mencapai perubahan tersebut, hal tersebut bukanlah kesalahan dari diri kita, tetapi datang dari sistem yang salah. Ketika kita hanya fokus dengan sasaran akan membuat kita mencapai level sasaran namun jatuh di level sistem. Atomic habits adalah kebiasaan – kebiasaan kecil yang merupakan bagian dari sistem yang lebih besar, dan unsur pembentuk hasil-hasil yang luar biasa. Atomic habit itu praktik rutin yang tak hanya kecil dan mudah dilaksanankan, tapi juga sumber kekuatan yang luar biasa.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana Menjadikan Kebiasaan Baik Tak Terhindarkan Dan Kebiasaan Buruk Mustahil

Aturan Goldilocks; Bagaimana Tetap Termotivasi dalam Hidup dan Pekerjaan

Pengorbanan Dalam Menciptakan Kebiasaan Baik