Cara Terbaik Untuk Memulai Kebiasaan Baru


Niat Implementasi adalah merencanakan kapan dan di mana kita akan melakukan aksi, bagaimana kita berniat mengimplementasikan suatu kebiasaan tertentu. Niat Implementasi meningkatkan peran dari waktu dan tempat yang merupakan petunjuk yang paling umum. Secara garis besar, format untuk menciptakan niat implementasi, yaitu :

“ketika situasi X muncul, aku akan melakukan tanggapan Y”

Niat Implementasi akan efektif untuk membuat kita bertahan pada sasaran, entah menuliskan waktu atau tanggal tepatnya. Orang yang membuat rencana sfesifik untuk kapan dan dimana akan melakukan suatu kebiasaan baru lebih mungkin terus melakukannya. Banyak orang berpikir mereka kurang termotivasi, padahal sesungguhnya mereka kurang jelas kapan dan di mana aksi akan dilaksanakan. Begitu niat implementasi dicanangkan, kita tidak harus menunggu sampai inspirasi untuk memulai, tetapi cukup rencana yang telah dibuat. Cara yang paling sederhana untuk menerapkan strategi ini pada kebiasaan kita adalah dengan melengkapi :

Aku akan [ KATA KERJA ] pada [ WAKTU ] di [ LOKASI ]

Manfaat lain niat implementasi yaitu; spesifik dalam hal yang diinginkan dan bagaimana akan meraihnya, mengalihkan perhatian, dan menyingkirkan kita dari jalur yang direncanakan. Beri kebiasaan kita waktu dan ruang untuk hidup di dunia ini. Sararan kita menetapkan waktu dan lokasi yang sedemikian jelas sehingga,dengan pengulangan yang cukup, kita memperoleh dorongan untuk melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat, bahkan ketika tidak tahu alasannya.

Efek Diderot mengatakan bahwa satu barang baru sering menciptakan spiral konsumsi yang mengantar ke belanja lebih banyak. Banyak perilaku manusia mengikuti siklus ini. Tidak ada perilaku yang berdiri sendiri. Setiap tindakan menjadi petunjuk yang memicu perilaku berikutnya. Salah satu cara terbaik untuk membangun kebiasaan baru adalah dengan mengidentifikasi kebiasaan yang sudah ada setiap hari lalu menumpuknya dengan kebiasaan baru anda. Ini yang disebut menumpuk kebiasaan. Resep menumpuk kebiasaan adalah:

“Setelah [KEBIASAAN SEKARANG], aku akan [KEBIASAAN BARU]”

Menumpuk kebiasaan meningkatkan peluang kita akan bertahan pada suatu kebisaan dengan menumpuk perilaku baru ke perilaku lama. Ini memungkinkan kita mengambil keuntungan dari momentum alami yang datang ketika satu perilaku disusul dengan perilaku berikutnya – versi positif efek Diderot. Menumpuk kebiasaan akan membentuk aturan sederhana untuk memandu perilaku dimasa mendatang. Menumpuk kebiasaan secara tersirat memiliki waktu dan lokasi yang sudah menyatu dan dapat menghasilkan perbedaan yang besar.

Satu cara untuk menemukan pemicu yang tepat bagi tumpukan kebiasaan adalah melalui curah pendapat atas daftar kebiasaan kita saat ini. Makin erat kebiasaan baru kita dengan petunjuk yang spesifik, makin besar peluang kita akan mengingatnya ketika tiba saatnya beraksi. Cara paling praktis untuk menciptakan petunjuk-petunjuk nyata untuk kebiasaan dan merancang rencana yang jelas tentang kapan dan di mana aksi akan dilakukan. Ini merupakan kaidah pertama perubahan perilaku menjadikannya terlihat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana Menjadikan Kebiasaan Baik Tak Terhindarkan Dan Kebiasaan Buruk Mustahil

Aturan Goldilocks; Bagaimana Tetap Termotivasi dalam Hidup dan Pekerjaan

Pengorbanan Dalam Menciptakan Kebiasaan Baik