Bagaimana Mitra Akuntabilitas Dapat Mengubah Segalanya


Kebalikan hukum keempat perubahan perilaku adalah menjadikannya mengecewakan secara langsung. Sakit atau nyeri adalah guru yang efektif. Jika kegagalan terasa menyakitkan, kegagalan itu dapat diperbaiki. Semakin langsung dan mahal suatu kesalahan maka makin cepat belajar dari pengalaman itu. Semakin langsung suatu nyeri, makin kecil peluang suatu perilaku diterapkan. Sehingga untuk mengatasi kebiasaan buruk sulit untuk ditinggalkan bisa dengan cara meningkatkan kecepatan pelaksanaan hukuman yang terkait dengan perilaku itu.

Setelah aksi menghasilkan hukuman langsung, perilaku akan mulai berubah. Tentu saja cara ini ada batasnya, sehingga agar menjadi lebih produktif biaya dari akibat kebiasaan menunda harus lebih besar daripada biaya untuk menjalankan aksi. Karena perilaku hanya berubah jika hukumannya cukup menyakitkan dan betul-betul diterapkan. Sebaliknya, jika hukuman samar dan tertunda, maka semakin kecil pengaruhnya pada perilaku. Untungnya, ada cara langsung untuk memperbesar biaya langsung terhadap suatu kebiasaan buruk; membuat kontrak kebiasaan.

Kontrak kebiasaan adalah kesepakatan lisan atau tertulis ketika menyatakan komitmen terhadap kebiasaan tertentu serta hukuman yang akan terjadi seandainya tidak mengikutinya. Kontrak kebiasaan ini bisa dilakukan dalam menjadikan kebiasaan buruk mengecewakan. Ini merupakan opsi terbaik untuk menjadikan kebiasaan buruk menyakitkan saat itu juga.

Jika tidak ingin menyusun kontrak kebiasaan lengkap, kita bisa memiliki mitra akuntabilitas juga sudah sangat membantu. Ketika mengetahui ada orang yang mengawasi kita dapat menjadi motivator yang manjur. Karena kita tidak akan mudah menyerah karena kerugian yang langsung ada. Bila kita menyerah mereka akan memandang kita sebagai sosok yang tidak dapat dipercaya, dan gagal memenuhi janji pada diri sendiri dan orang lain.


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana Menjadikan Kebiasaan Baik Tak Terhindarkan Dan Kebiasaan Buruk Mustahil

Aturan Goldilocks; Bagaimana Tetap Termotivasi dalam Hidup dan Pekerjaan

Pengorbanan Dalam Menciptakan Kebiasaan Baik