Bagaimana Menjadikan Kebiasaan Tidak Dapat Ditolak


Hukum kedua perubahan perilaku adalah dengan menjadikannya menarik. Makin menarik suatu kesempatan, maka semakin besar peluang menjadi pembentuk kebiasaan, karena gairah bertambah liar karenanya. Tanpa gairah suatu aksi akan terhenti, hal ini selalu berkaitan dengan domapin. Kebiasaan merupakan lingkaran umpan balik yang digerakan oleh domapin. Setiap perilaku yang sangat berpeluang menjadi kebiasaan berhubungan dengan kadar domapin yang lebih tinggi. Domapin memegang peran penting dalam banyak proses neurologi.

Domapin dilepaskan tidak hanya ketika mengalami kenikmatan, tapi juga ketika mengatisipasi kenikmatan atau gairah. Setiap kali membayangkan peluang akan memberikan ganjaran, dan kadar domapin akan melonjak karena mengantisipasinya. Dan setiap kali domapin melonjak, begitu pula motivasi untuk beraksi melonjak. Antisipasi terhadap gairahlah yang membuat kita melakukan tindakan. Sistem ganjaran yang diaktifkan dalam otak ketika menerima ganjaran adalah sistem yang sama yang teraktifkan ketika mengantisipasi ganjaran itu. Inilah yang membuat mengapa mengantisipasi pengalaman seringkali lebih baik daripada ketika mendapatkannya. Ilmuan menyebutnya perbedaan antara “ingin” dan “suka”.

Otak memiliki jauh lebih banyak rangkaian saraf yang disediakan untuk menginginkan ganjaran daripada menyukainya. Pusat – pusat rasa ingin dalam otak berukururan besar dibandingkan pusat – pusat rasa suka dalam otak yang jauh lebih kecil. Gairah adalah mesin yang mendorong perilak dan gairahlah yang membuat orang memberikan tanggapan. Kita perlu membuat kebiasaan kita menjadi menarik karena sesungguhnya harapan mendapatkan pengalaman menyenangkanlah yang memotivasi kita untuk beraksi, ini lah yang disebut dengan strategi paket godaan.

Paket godaan bekerja dengan mengaitkan aksi yang diiinginkan dengan aksi yang perlu dilakukan. Kita lebih mungkin merasa suatu perilaku menarik bila dapat melakukannya sambal melakukan sesuatu yang kita sukai. Paket godaan merupakan cara terbaik untuk menerapkan teori psikologi yang disebut Prinsip Premack. Dengan kata lain, ketika kita tidak ingin melakukan sesuatu, kita akan bersedia melakukannya sambal melakukan sesuatu dengan kegiatan yang sungguh kita ingin lakukan. Paket godaan juga bisa digabungkan dengan strategi menumpuk kebiasaan; rumusnya :

1.      Setelah [KEBIASAAN SEKARANG], aku akan [KEBIASAAN YANG AKU PERLUKAN],

2.      Setelah [KEBIASAAN YANG AKU PERLUKAN], aku akan [KEBIASAAN YANG AKU INGINKAN]

Melakukan hal yang perlu dilakukan berarti melakukan hal yang ingin kita lakukan. Paket godaan adalah cara untuk menciptakan versi kebiasaan yang dilebihkan dengan menggabungkannya dengan sesuatu yang sudah diinginkan. Strategi sederhana ini dapat dipakai untuk menjadikan kebiasaan apa pun lebih menarik daripada yang seharusnya.


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana Menjadikan Kebiasaan Baik Tak Terhindarkan Dan Kebiasaan Buruk Mustahil

Aturan Goldilocks; Bagaimana Tetap Termotivasi dalam Hidup dan Pekerjaan

Pengorbanan Dalam Menciptakan Kebiasaan Baik